Tuberkulosis – Waspadai Gejalanya

Tuberkulosis

Kaisar Lebah – Penyakit Tuberkulosis yang satu ini masih mengintai banyak penduduk dunia, terutama yang memiliki faktor risiko tinggi.

Tuberkulosis yang dikenal juga dengan TB atau TBC menjadi salah satu dari 10 penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia, dan Indonesia berada di peringkat ketiga dari 30 negara dengan beban TB tertinggi. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 1,4 juta orang meninggal karena penyakit ini di 2019.

Untuk di Indonesia, diperkirakan sekitar 845 ribu orang mengidap penyakit ini pada 2018. TB juga menjadi salah satu dari lima besar penyebab kematian premature dan kematian penduduk di Indonesia sepanjang 2007-2017. Karenanya, setiap 24 Maret diperingati sebagai hari TB sedunia, agar masyarakat menyadari penyakit ini masih banyak terjadi, termasuk di Indonesia.

Gejala Tuberkulosis

Penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis ini paling sering menyerang paru-paru dan menyebar ke orang lain melalui udara. Tetesan kecil yang keluar dari mulut ketika penderitanya batuk, bersin, tertawa atau meludah, akan mendorong kuman tersebut ke udara dan berpotensi menularkan. Mereka yang terinfeksi umumnya memiliki gejala berikut ini:

  1. Batuk terus menerus hingga lebih dari tiga minggu, biasanya disertai dahak dan berdarah.
  2. Berat badan turun.
  3. Berkeringat di malam hari.
  4. Nyeri dada.
  5. Kelelahan.
  6. Demam.
  7. Tidak nafsu makan.

Tidak hanya dialami orang dewasa, mereka yang imunitas tubuhnya rendah seperti lansia dan anak-anak, serta memiliki penyakit penyerta seperti, diabetes dan orang dengan  HIV/AIDS, berisiko tinggi terinfeksi TB. Begitu juga perokok, orang yang mengalami malnutrisi, dan tinggal di pemukiman padat penduduk. Meski begitu, penyakit ini masih bisa disembuhkan dan dicegah.

Walau dapat menyebar melalui udara, tetapi proses penularannya membutuhkan waktu cukup lama dan kontak dekat dengan penderita. Misalnya, menyebar di antara anggota keluarga yang tinggal serumah atau bekerja dalam satu lingkungan dengan orang yang terinfeksi penyakit ini. Kemungkinan tertular kecil jika sekadar duduk di sebelah orang yang terinfeksi misalnya saat di kendaraan umum.

Selain di paru-paru, TB juga dapat memengaruhi bagian tubuh lain seperti, ginjal, tulang belakang, atau otak, dengan tanda dan berbagai gejala sesuai organ tersebut.

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Mereka yang sehat dan memiliki system kekebalan tubuh kuat dapat terhindar dari bakteri penyebab TBC. Namun, ada pula pada beberapa kasus, bakteri menginfeksi tubuh tetapi, tidak menimbulkan gejala, atau disebut juga TB laten. Sebab, bakteri yang menyebabkan penyakit TB belum aktif secara klinis, dan hanya berada di dalam tubuh. Gejala baru akan terjadi pada periode tertentu jika bakteri sudah aktif, bisa dalam hitungan minggu maupun tahun. Durasinya tergantung kondisi kesehatan dan daya tahan pengidap.

Masih tingginya angka penderita penyakit ini, penting untuk melakukan pencegahan seperti, dalam rangkaian program imunisasi untuk bayi dan anak-anak diberikan vaksin Bacille CalmetteGuerin (BCG) yang dapat mencegah TB. Selain itu, pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara:

  1. Gunakan masker saat di tempat ramai.
  2. Terapkan etika dengan menutup mulut saat bersin, batuk, dan  tertawa.
  3. Tidak membuang dahak atau meludah sembarangan
  4. Mengatur ventilasi di ruangan agar sirukulasi udara terjaga.

HDI Four Star

Jika Anda terdiagnosis mengidap TB, jalani pengobatan yang tepat dan sesuai aturan dari dokter. Selain itu, jangan lupa konsumsi HDI Four Star sebagai pendamping suplemen untuk membantu proses pemulihan dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

HDI Four Star yang terdiri dari HDI Origins™ Royal Jelly, HDI Origins™ Pollenergy 520, HDI Origins™ Bee Propolis, dan HDI Naturals™ Clover Honey, masing-masing memiliki banyak manfaat alami untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Produk Terkait :

Registrasi Online HDI
registrasi member hdi
Banner Discount Kaisar LEbah

 23 total views,  2 views today

Share this...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Chat
Perlu Bantuan?
Ngobrol Bareng Kaisar Lebah
Haiiiii....👋
Ada yang bisa kami bantu..?