Sinusitis – Jenis dan Gejalanya

Terapi Alami Sinusitis

Kaisar Lebah – Sinus merupakan rongga atau kantong berisi udara yang berada di dekat bagian hidung dan menghasilkan lendir atau cairan untuk membersihkan bakteri serta partikel lain dari udara yang kita hirup. Sinus yang sehat dipenuhi udara, tetapi jika lendir menumpuk dapat membuat kuman tumbuh dan menyebabkan infeksi. Ketika sinus meradang atau ada pembengkakan jaringan yang melapisi sinus, maka terjadilah sinusitis.

Sinusitis biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, alergi, atau reaksi autoimun. Beberapa kondisi lainnya juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena sinusitis:

  1. Mengalami infeksi saluran pernapasan seperti flu.
  2. Sensitif terhadap zat seperti debu, serbuk sari, dan bulu hewan.
  3. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena pengobatan atau kondisi kesehatan.
  4. Kelainan pada struktur hidung
  5. Menyelam dan berenang.
  6. Asap rokok.
  7. Cedera hidung.

Jenis Sinusitis

Seseorang yang terkena sinusitis, biasanya akan mengalaminya pada jangka waktu tertentu. Dikutip dari laman John Hopkins Medicine, terdapat empat jenis sinusitis:

  1. Sinusitis akut, berlangsung dalam waktu singkat atau kurang dari empat minggu.
  2. Sinusitis subakut, gejalanya terjadi selama 4-8 minggu.
  3. Sinusitis kronis, terjadi selama 8 minggu atau lebih.
  4. Sinusitis berulang, jika mengalami tiga kali atau lebih dari sinusitis akut dalam setahun.

Gejala Sinusitis

Dari beberapa jenis sinusitis yang ada, umumnya memiliki gejala yang kurang lebih sama dirasakan ketika penyakit ini muncul. Beberapa di antaranya berikut ini:

  1. Nyeri merupakan gejala umum yang dirasakan ketika mengalami sinusitis, seperti nyeri di area wajah, belakang hidung, gigi dan rahang. Nyeri sinus juga dapat menyebabkan sakit telinga.
  2. Peradangan dan pembengkakan membuat sinus seperti mendapat tekanan, sehingga terasa sakit di dahi, kedua sisi hidung, rahang atas dan gigi, atau di antara mata.
  3. Keluar cairan berwarna keruh, hijau, atau kuning dari hidung. Cairan tersebut berasal dari sinus yang terinfeksi dan mengalir ke saluran hidung atau bagian belakang tenggorokan yang mungkin akan terasa gatal atau bahkan sakit tenggorokan.
  4. Batuk, terutama di malam hari saat akan tidur dan pagi hari setelah bangun, yang juga dapat membuat suara terdengar serak.
  5. Sakit kepala karena tekanan dan pembengkakan di sinus, terutama di pagi hari karena cairan yang mengumpul sepanjang malam. 
  6. Bau napas tak sedap.

Cara Mencegah Sinusitis

Meski terasa tidak nyaman dan menyakitkan, sinusitis ada kalanya membaik tanpa intervensi medis. Namun, patut diwaspadai jika gejala bertambah parah, terjadi terus menerus, penglihatan terganggu, bengkak di sekitar mata, dan demam tinggi berlangsung lebih dari tiga hari.  Untuk mencegah sinusitis, beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan:

  1. Sering mencuci tangan dan hindari menyentuh area wajah.
  2. Tidak merokok dan hindari asap rokok.
  3. Hindari hal-hal yang memicu alergi.
  4. Menjauh dari orang yang sedang terkena flu dan infeksi saluran pernapasan lainnya.
  5. Menggunakan humidifier (alat pelembap udara) agar udara di ruangan lembap serta tetap bersih. Pastikan humidifier bebas dari jamur dengan rutin dibersihkan secara menyeluruh.
  6. Rutin membersihkan pendingin ruangan untuk mencegah dari jamur dan debu.
  7. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

Peranan Produk Perlebahan HDI Untuk Terapi Sinusitis 

Jika Anda mengalami sinusitis atau sebagai salah satu bentuk pencegahan, mulailah mengonsumsi HDI Four Star, empat produk perlebahan unggulan HDI yang berkualitas tinggi dan siap membantu menjaga kesehatan Anda dan keluarga

Manfaat HDI Four Star untuk terapi Sinusitis :

  1. Mempercepat kesembuhan
  2. Mencegah infeksi
  3. Mencegah terjadinya serangan berulang
  4. Meningkatkan Stamina

Produk HDI untuk terapi Sinusitis

  1. Propoelix : Mencegah dan mengatasi infeksi akibat sinusitis. Dosis awal terapi (4 hhari pertama) adalah 3×1 kapsul. Dosis lanjutan adalah 3×2 kapsul.
  2. Pollenergy 520 : Memperlancar peredaran darah serta meningkatkan stamina tubuh. Dosis terapi adalah 3×1 tablet
  3. Royal Jelly Liquid : Memperbaiki system syaraf serta meregeneasi sel. Dosis awal terapi (4 hhari pertama) adalah 3×1 sendok takar. Dosis lanjutan adalah 3×2 sendok takar.
  4. Clover Honey : Meningkatkan stamina, memperbaiki pencernaan. Dosis Awal terapi (4 hhari pertama) adalah 2×1 sendok makan. Dosis Lanjuta adalah 3×2 sendok makan.
Propoelix Power Set
Beli Sekarang

Ingin Bergabung Menjadi Enterpriser HDI ?

registrasi member hdi
Registrasi Online HDI

 43 total views,  2 views today

Share this...

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Chat
Perlu Bantuan?
Ngobrol Bareng Kaisar Lebah
Haiiiii....👋
Ada yang bisa kami bantu..?